Kamis, 09 Oktober 2014

My Accounting

 Akuntansi adalah salah satu jurusan yang ada di fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Malang. Akuntansi adalah jurusan yang sangat terfavorit di Univefrsitas Muhammadiyah. Hal itu terbukti dari tahun ke tahun peminat akuntansi semakin banyak dan semakin meningkat. Selain itu akuntansi sudah mendapatkan akreditasi A. Keunggulan akuntansi adalah menghasilkan sarjana
ekonomi yang mempunyai kompetensi di bidang akuntansi yang mampu mengelola aktivitas keuangan organisasi serta memiliki kemampuan mengendalikan dan menganalisis informasi keuangan organisasi bisnis maupun sektor publik.

 Laboratorium akuntansi menjadi basis pelaksanaan praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, industri, pemeriksaan akuntansi, perpajakan dan metodologi penelitian. Semua praktikum didesain secara manual dan computer-based.









Untuk memperpendek masa studi mahasiswa, program studi akuntansi UMM merancang program ‘percepatan’ penyusunan skripsi dengan label “Workshop pengayaan penyusunan proposal skripsi”. Program ini telah terbukti berhasil mengantarkan mahasiswa akuntansi untuk menyelesaikan penulisan skripsi dalam waktu rata-rata 4 bulan.









Jurusan Akuntansi UMM

Jurusan akuntansi UMM bertujuan menghasilkan sarjana ekonomi yang mempunyai kompetensi di bidang akuntansi yang mampu mengelola aktivitas keuangan organisasi serta memiliki kemampuan mengendalikan dan menganalisis informasi keuangan organisasi bisnis maupun sektor publik. Jurusan ini berstatus Terakreditasi “A”.
Kurikulum dirancang ke dalam konsentrasi bidang ilmu antara lain: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, sistem informasi, pengauditan, perpajakan, akuntansi syari’ah, kewirausahaan, dan akuntansi sektor publik. Program studi akuntansi UMM mengembangkan serangkaian aktivitas akademik yang dapat meningkatkan value added mahasiswa dalam berbagai jenis peminatan (brevet pajak, kunjungan perusahaan, magang kerja, workshop akuntansi syari’ah, dan short course manajemen ekspor impor).

Laboratorium akuntansi menjadi basis pelaksanaan praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, industri, pemeriksaan akuntansi, perpajakan dan metodologi penelitian. Semua praktikum didesain secara manual dan computer-based.
Untuk memperpendek masa studi mahasiswa, program studi akuntansi UMM merancang program ‘percepatan’ penyusunan skripsi dengan label “Workshop pengayaan penyusunan proposal skripsi”. Program ini telah terbukti berhasil mengantarkan mahasiswa akuntansi untuk menyelesaikan penulisan skripsi dalam waktu rata-rata 4 bulan.
Jaringan alumni program studi akuntansi dan forum-forum alumni dikembangkan sebagai salah satu sumber informasi dan akses ke dunia kerja. Pola ini terbukti dapat memperpendek masa tunggu alumni  memperoleh pekerjaan.
Website: akuntansi.umm.ac.id

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi merupakan salah satu lembaga intra yang berada di lingkungan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang. HMJ Akuntansi berdiri pada 25 September 1986. HMJ Akuntansi memfokuskan pada pembinaan pengembangan profesi dan keilmuan pada bidang akuntansi. Selain itu HMJ Akuntansi juga berperan sebagai pelaksana aspirasi mahasiswa dalam lingkungan jurusan akuntansi.

Visi Misi HMJ Akuntansi FEB-UMM

Visi  : Membentuk akademisi muslim yang profesional

Misi : Meningkatkan potensi profesionalisme dan intelektualitas dalam bingkai religi
serta menciptakan kultur selaras, serasi dan seimbang

Visi Misi Ketua Umum HMJ Akuntansi FEB UMM Periode 2013-2014
Visi    : Menjadikan HMJ Akuntansi sebagai mediator dalam mengembangkan potensi mahasiswa yang dilandaskan                      nilai-nilai keislaman. Misi    :
  1. Memperbaiki dan memperkuat internal HMJ Akuntansi
  2. Menjaga, memperkuat dan memperluas jaringan HMJ Akuntansi dalam lingkup internal maupun eksternal Universitas Muhammadiyah Malang
  3. Meningkatkan potensi akademik dan non akademik mahasiswa yang bermoral dan bermartabat
  4. Mendengar dan menyalurkan aspirasi mahasiswa akuntansi, serta menjadikan HMJ Akuntansi sebagai sarana informasi yang bermanfaat.

Motto HMJ Akuntansi : DHESS (Dedikasi Harapan Eksistensi Serius Sukses)

Dalam mewujudkan Visi dan Misi HMJ Akuntansi dan Visi Misi Ketua Umum maka, untuk kepengurusan periode 2013-2014 terdapat 6 Departemen, yaitu:Departemen Umum
a. Ketua Umum, sebagai leader dan penanggungjawab utama di HMJ Akuntansi.
b. Sekretaris Umum,sebagai fungsi wakil,administratif dan inventaris.
c. Bendahara Umum, sebagai pengelola financial organisasiDepartemen Organisasi
Berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa akuntansi FEB UMM dalam kehidupan sehari-hari yang lebih utama dalam lingkup organisasi. Diharapkan mahasiswa merasakan ketertarikan untuk berorganisasi di tengah-tengah perkuliahan sehingga bisa menambah kemampuan soft skill yang dimiliki. Adapun kegiatan dari departemen organisasi adalah RPL (Rekruitment,Pendidikan dan Latihan), TMOL (Training Manajemen Organization dan Leadership), Up Grading Keorganisasian.Departemen Keilmuan
Memiliki peran danlam pengembangan prestasi akademik mahasiswa yang ada di Program Studi  Akuntansi, hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan yang didapat selama perkuliahan  benar  paham,  yang akan menjadi bekal setelah lulus nanti. Selain itu Departemen Keilmuan  juga aktif dalam pembahasan isu-isu terkini tentang ekonomi (akuntansi). Adapun beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain: Matrikulasi, Diskusi Keilmuan, Accounting Fair. Departemen Penelitian dan Pengembangan
Departemen Litbang berfungsi untuk mewadahi  minat,  bakat, dan penyaluran aspirasi serta sebagai sarana penggalian potensi bagi mahasiswa akuntansi FEB UMM. Departemen ini yang akan menampung aspirasi mahasiswa dalam kreatifitas yang dimiliki mahasiswa sehingga mereka seluasa untuk mengembangkan. Untuk merealisasikan itu semua departemen litbang merencanakan beberapa kegiatan yanitu: PESMASI (Pengenalan Studi Mahasiswa Akuntansi), Seminar Nasional,Majalah Dinding,dll.
Departemen Kerohanian
Berfungsi untuk memberikan fasilitas untuk mahsiswa akuntansi dalam memdalami dan mengembangkan dunia keagamaan. Disisi lain departemen ini juga bertugas dalam pengembangan kepribadian pengurus HMJ Akuntansi dalam bersosial masyarakat. Dan dalam hal ini kegiatan yang dirancang untuk dilaksanakan antara lain: Baksos, Qurban,Kajian Keislaman,dll.
Departemen Hubungan Masyarakat
Fungsinya adalah untuk menjalin kerjasama dengan pihak internal maupun eksternal. Salah satunya yaitu kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berhubungan langsung dengan dunia akuntansi seperti: IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia), JMAI (Jaringan Mahasiswa Akuntansi Indonesia), KAP (Kantor Akuntan Publik), IKAMA (Ikatan Mahasiswa Akuntansi), dll. Selain itu juga departemen ini yang menjembatani kerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Dan untuk memperlancar kerjasama ini, maka dilakukan beberapa kegiatan yang mendukung yaitu Study Comparatif dan Excursie, Company Visit, dan menjalin hubungan dengan para alumni akuntansi FEB UMM, alumni HMJ Akuntansi dan demisioner HMJ Akuntansi FEB UMM.

Website: hmj-akuntansi.umm.ac.id

Jaringan alumni program studi akuntansi dan forum-forum alumni dikembangkan sebagai salah satu sumber informasi dan akses ke dunia kerja. Pola ini terbukti dapat memperpendek masa tunggu alumni  memperoleh pekerjaan. (sumber : http://aleanugraha.blogspot.com/2014/08/keunggulan-dan-perkembangan-jurusan.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar